Friday, July 3, 2015

Pilihan Olahraga Buat Si kecil yang gemuk

Sudah bukan rahasia lagi banyak orang dewasa yang mengalami obesitas karena terlalu banyak makan dan sedikit olahraga. Sayangnya, epidemi obesitas juga mempengaruhi anak-anak.

Bukan saja di negara-negara maju, di negara sedang berkembang seperti Indonesia, di kota maupun di sebagian desa, semakin banyak ditemukan anak yang gemuk. Tidak selalu harus berasal dari keluarga kecukupan. Makan nasi melebihi porsi pun bisa saja bikin badan jadi luar biasa subur.

Gemuk juga untuk sebagian orang masih menyimpan lambang kemakmuran. Benar. Sebagian besar orang tua, ibu khususnya, menginginkan anaknya berbadan gemuk. Selain lucu, anak montok juga melambangkan keluarga yang makmur. Pesan keliru yang diwariskan sebagai mitos inilah yang perlu dikoreksi, oleh karena anak yang tidak gemuklah yang sebetulnya didambakan pemerintah di negara maju. Di mana-mana negara maju, lebih banyak manajer yang tidak gemuk dibanding yang gemuk.

Anak yang gemuk bukan cuma sebab kesalahan memberi makan berlebihan, melainkan bisa juga sebagai sebuah kasus penyakit. Ada beberapa jenis penyakit (kelainan hormon dan gen) yang membuat tubuh anak gemuk abnormal, dan gemuknya kelihatan tidak sehat.
Dalam hal gemuk penyakit, tidak mudah mengoreksinya, karena memang ada yang salah dalam sistem hormonal atau gennya. Gemuk yang tak terkendali dengan diet, dan upaya membuang kalori ini, tergolong gemuk yang harus diterima apa adanya, dengan segenap risiko yang dibawanya.

1 dari 3 anak yang dianggap kelebihan berat badan atau obesitas kemungkinan besar akan menderita diabetes, gangguan hipertensi, penyakit
jantung, sleep apnea dan psikologis di kemudian hari.

Sebagai orangtua yang mengkhawatirkan kesehatan anak, merawat anak yang kegemukan bisa menjadi tantangan. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mengajarkan anak tentang makanan dengan gizi baik dan membuat olahraga menjadi menyenangkan dan menarik dengan bermain bersama anak.Ayo ajak di kecil melakukan olahraga yang menyenangkan agar tidak menjadi gemuk.

Pilihan Olahraga Buat Si Kecil Yang Berbadan Gemuk


1. Berenang
Belajar berenang merupakan keterampilan penting bagi semua anak. Kebanyakan anak-anak juga sangat suka bermain di dalam air. Ajaklah anak dan seluruh anggota keluarga berenang pada hari libur untuk membuat anak tetap aktif.

2. Latihan kekuatan
Menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak seharusnya tidak diperbolehkan untuk mengangkat beban atau menggunakan peralatan berat sampai mencapai masa remaja. Namun, anak-anak masih bisa melakukan latihan kekuatan dengan menggunakan berat tubuh mereka sendiri. Buatlah tabel stiker dan tantang anak Anda untuk melakukan situps, pushups atau jongkok. Ajaklah seluruh anggota keluarga agar latihan lebih terasa menyenangkan.

3. Berjalan kaki
Berjalan kaki adalah olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan, termasuk oleh anak-anak. Buatlah kegiatan jalan kaki di pagi atau sore lebih menyenangkan dengan mengajak hewan peliharaan atau menuju tempat menarik seperti taman kota. Mintalah anak-anak berpetualang mencari daun, serangga, bunga atau apapun yang bisa Anda temui di jalan.

4. Bermain di taman
Taman bermain biasanya menawarkan ruang luas untuk aktivitas fisik dan petualangan. Berjalan dan mendaki adalah dua cara untuk membakar kalori untuk menurunkan berat badan anak. Permainan seperti sepak bola, petak umpet juga bisa membuat anak tertarik untuk bergerak.

5. Menari
Menari dengan musik juga bisa membakar kalori anak-anak. Nyalakan musik dengan beat cepat untuk membuat anak benar-benar bergerak. Menggonta-ganti lagu juga dapat membuat anak semakin tertarik lagi.

No comments:

Post a Comment